18 April 2008

RAM (Random Acces Memory)




Memori Fisik dikenal juga dengan sebutan RAM (Random Acces Memory). Gunanya adalah untuk penyimpanan data sementara sewaktu digunakan oleh prosesor. Jika komputer di matikan, maka data
di RAM akan hilang. Kecepatan membaca data RAM ini lebih cepat jika dibandingkan dengan Harddisk.
Beberapa macam memory :
· EDO-RAM (Extended Data Out)
EDO-RAM memiliki fungsi seperti RAM, akan tetapi jenis ini mempunyai kemampuan kerja sangat tinggi dan cepat dalam membaca dan mentransfer data. Bentuk EDO-RAM adalah SIMM (Single Inline Memory Module). Slot memori pada motherboard 72pin.
· SDRAM (Synchronous Dynamic RAM)
SDRAM adalah memori yang dapat mengases data atau informasi lebih cepat dari EDO-RAM. Bentuk SDRAM adalah DIMM (Dual Inline Memory Module). Slot memori pada motherboard 168pin.

· DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous DRRAM)
DDR SDRAM adalah tipe memori generasi penerus SDRAM, yang memiliki kemampuan dua kali lebih cepat dari SDRAM. Slot memori yang digunakanDDR SDRAM memiliki jumlah pin lebih banyak dari SDRAM, yaitu184pin.
· RDRAM (Rambus Dynamic RAM)
RDRAM adalah sebuah memori berkecepatan tinggi, digunaan untuk mendukung prosesor Pentium 4.tipe RDRAM menggunakan slot RIMM,yang mirip dengan slot SDRAM.
Beberapa jenis memoryPrimary Storage
Secondary and Off-line Storage
Tertiary Storage
· Primary Storage, langsung terhubung dengan Central Processing Unit dan membantu fungsi kerja CPU. Seperti nampak pada diagram, Primary Storage terdiri dari 3 bagian, yaitu
1. Processor Register, merupakan bagian internal dari CPU. Register berisi informasi yang dibutuhkan oleh ALU untuk menjalankan instruksi. Register merupakan jenis memory yang paling cepat karena tergabung dalam silicon chip-nya CPU dan berfungsi sebagai electronic "flip-flops".
2. Cache Memory, masih di dalam CPU, berfungsi sebagai penampung sementara untuk meningkatkan unjuk kerja CPU. Cache memory ini lebih lamban dibanding register, tapi berdaya tampung lebih besar. Jika dibandingkan dengan main memory, maka cache memory lebih cepat, tapi berdaya tampung lebih kecil. Cache memory ini berada diantara register dan main memory.
3. Main Memory, menampung informasi program yang sedang dijalankan dan data-data yang sedang digunakan pada saat komputer dijalankan. Biasanya kita mengenal Main Memory dengan istilah RAM (Random Access Memory). Main memory terhubung ke CPU melalui memory bus yang merupakan superhighway, sehingga mampu mentrasfer data dari main memory ke register dengan kecepatan tinggi.
· Secondary and Off-line Storage. Secondary storage membutuhkan channel Input/Output untuk mengakses informasi dan digunakan untuk menyimpan informasi secara permanen. Biasanya secondarey storage ini di sebut juga dengan istilah mass storage. Salah satu contohnya : harddisk. Secondary storage ini lebih lamban dibanding dengan memory, sebagai perbandingannya, bila mengakses informasi dengan main memory, waktu yang dibutuhkan adalah nanosecond. Sedangkan secondary storage membutuhkan waktu yang lebih lama, yaitu milisecond. Jenis dari secondary storage juga menentukan kecepatan aksesnya, contoh optical storage device (CD) lebih lamban dibanding magnetic storage device(Harddisk). Istilah Off-line Storage mengacu pada secondary storage yang digunakan untuk memindah data atau bisa juga disebut mobile data. contohnya : CD, DVD, Flash Memory, Memory Card, Floppy Disk, Zip Disk, atau Magnetic Tape.
Tertiary and Database Storage, merupakan suatu sistem penyimpanan dalam komputer yang terdiri dari satu atau lebih storage drives dan sebuah media library otomatis, misalnya tape library atau optical disc jukebox. Tertiary storage ini digunakan untuk menyimpan data-data yang jarang diakses, karena kecepatan aksesnya lebih lamban dibanding main memory (5-60 seconds). Namun tertiary storage ini dapat diakses secara otomatis. Contoh : saat komputer mengakses tertiary storage, maka pertama kali data yang diminta akan dicocokan dengan media library, kemudian, dengan bantuan lengan robot, mengambil media data dan meletakkan di media player. Bila telah selesai maka, media tersebut akan dikembalikan oleh

Tidak ada komentar: